Sejarah dan Perkembangan Pendidikan Khusus di Indonesia
Pendidikan khusus di Indonesia dimulai dengan didirikannya Blinden
Institut Tahun 1901 oleh dr.
Westhoff, yaitu lembaga pendidikan bagi anak tunanetra di Bandung.
Kini dikenal SLB A Wiyata Guna.
Tahun 1927 Folker merintis pendidikan bagi anak tunagrahita -> Folker School, 1942 diganti menjadi Perkumpulan Pengajaran Luar Biasa. Kini SLB C Cipaganti Bandung
Tahun 1930 Ny. Roelfsema mendirikan Vereniging Voor Onderwijs an Doffstomme Kinderen in Indonesia. Kini SLB B LPATR Cicendo Bandung
Tahun 1938 di Wonosobo Jateng, didirikan Werk Voor Misdeelde Kinderen in Nederlans Vost Indie, yang pada tahun 1958 diubah menjadi yayasan Dena Upakara, dan berikutnya sekolah untuk anak tunarungu putra didirikan oleh Bruder Karitae Kini yayasan Karya Bhakti
Tahun 1927 Folker merintis pendidikan bagi anak tunagrahita -> Folker School, 1942 diganti menjadi Perkumpulan Pengajaran Luar Biasa. Kini SLB C Cipaganti Bandung
Tahun 1930 Ny. Roelfsema mendirikan Vereniging Voor Onderwijs an Doffstomme Kinderen in Indonesia. Kini SLB B LPATR Cicendo Bandung
Tahun 1938 di Wonosobo Jateng, didirikan Werk Voor Misdeelde Kinderen in Nederlans Vost Indie, yang pada tahun 1958 diubah menjadi yayasan Dena Upakara, dan berikutnya sekolah untuk anak tunarungu putra didirikan oleh Bruder Karitae Kini yayasan Karya Bhakti
Berikutnya Di Temanggung Jateng didirikan pula
sekolah untuk anak tunanetra
Sekolah khusus bagi anak nakal -> Pro
Joventute
Hampir semua lembaga pendidikan tadi
berlandaskan Charity (belas kasihan) dan sifatnya segregatif
Perkembangan PLB kurun waktu 1984 - 1990
·
Dicanangkannya
Wajib Belajar 6 tahun
·
Diperkenalkannya
SDLB dengan dana Proyek Inpres
·
Dikeluarkan
Kepmen 002/U/1986 tentang Pendidikan Terpadu (termasuk pengangkatan GPK)
·
Didirikannya
beberapa SLB Pembina baik tingkat propinsi maupun tingkat nasional
Perkembangan PLB kurun waktu 1990 – sekarang.
· Turut
serta dalam penuntasan wajar 9 tahun
· Perluasan/peningkatan
Subdit PSLB menjadi Direktorat PLB, sayang sekarang kembali ke Direktorat PSLB
· Diujicobakannya
kembali model pendidikan terpadu (menuju pendidikan yang inklusif) di beberapa
daerah
· Dikeluarkan
kebijakan (edaran Dirjen Dikdasmen tentang pendidikan yang inklusif
· Tumbuh
kembangnya sekolah-sekolah “inklusif” di beberapa daerah
Perkembangan ortopedagogik sebagai ilmu yang diawali dengan perkembangan
pendidikan tiap-tiap jenis anak luar biasa. Setelah tiap-tiap jenis anak luar
biasa berkembang, gambaran umum yang meliputi semua jenis keluar biasaan
diperoleh dan dikembangkan sehingga menjadi suatu kebulatan.
bisa di kasih tau anda merujuk pada sumber apa?
ReplyDeleteCasino site by Lucky Club
ReplyDeleteCasino website. Find casino site reviews, get exclusive offers and get latest casino bonuses. Lucky Club. Live casino. Register and log luckyclub in now. Rating: 5 · Review by LuckyClub.live